Dukung Program Pemerintah, Babinsa Layeun Dampingi Pengrajin Ikan Asin

Spread the love

Aceh Besar – Upaya TNI dalam mendukung program Pemerintah Daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan melalui berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama di masa Pandemi Covid 19 sekarang ini.

Berkaitan dengan itu, para Bintara Pembina Desa atau lebih dikenal dengan sebutan Babinsa jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/Aceh Besar terus melakukan pendampingan bagi usaha UMKM di wilayah binaanya masing-masing.

Seperti halnya dilakukan oleh Babinsa Koramil 19/Leupung Kodim 0101/Aceh Besar, Serda Syarifuddin terlihat sedang mendampingi dan mambantu pengrajin usaha ikan asin bertempat Desa layeun, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu, (12/6/2021).

Menurut Serda Syarifuddin, selama ini pengembangan kerajinan didasarkan dari potensi sumber daya alam musiman sebagai bahan baku yang tersedia, Sehingga industri pengrajin ikan asin dapat berkerja sesuai dengan kapasitas bahan baku yang mencapai 3 keranjang, atau 10 sampai 15 Kilo perhari nya.

Senada dengan itu Babinsa juga mengungkapkan, bahwa pembuatan ikan asin memang tidak terlalu sulit bagi yang sudah mahir seperti yang dilakukan buk Aminah adalah seorang pelaku UMKM, yang sampai saat ini sudah menyerap beberapa tenaga kerja untuk membantu usahanya.

“Dengan adanya usaha Buk Aminah, dapat membantu beberapa orang masyarakat setempat dalam membuka peluang lapangan kerja,” tuturnya.

Terakhir Babinsa menambahkan, Ikan asin merupakan bahan makanan yang terbuat dari daging ikan dengan pengolahan pengawetan secara tradisional dan saat ini masih menjadi kebutuhan yang diminati masyarakat luas, sehingga dalam pemasaran hasil usaha ikan asin buk Aminah sudah sampai ke luar daerah.

“Alhamdulillah, pengolahan ikan asin masih banyak diminati masyarakat luas dan ini merupakan potensi yang sangat bagus terutama dalam menambah ekonomi di masa Pandemi Covid 19,” pungkasnya.

Terpisah, Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Si mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini merupakan rutinitas keseharian para Babinsa disamping Komunikas Sosial (Komsos) juga turut membantu secara langsung aktivitas masyarakat yang berada di desa binaanya.

“Saya harap hal ini bisa berikan semangat bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian khususnya di masa seperti sekarang ini,” ujar Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *