Babinsa Serda Musliadi Beri Arahan Kepada Warga Tentang Manfaat Gotong Royong

Spread the love

Aceh Besar – Serda Musliadi Sebagai Babinsa Koramil 19/Leupung Kodim 0101/BS Mengajak Masyarakat Agar Lebih Peduli Terhadap lingkungan Mereka, Salah Satunya Dengan Cara mengadakan gotong-royong bersama masarakat binaan di Desa Meunasah Bak-U Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, Rabu (27/01/2021).

Budaya gotong-royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni gotong-royong, tolong-menolong dan gotong-royong kerja bakti.

Budaya gotong-royong, tolong-menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan pesta, kegiatan perayaan, dan pada peristiwa bencana atau kematian.

Sedangkan budaya gotong-royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, entah yang terjadi atas inisiatif warga atau gotong-royong yang dipaksakan.

Adapun yang mengakibatkan hilangnya budaya gotong-royong antara lain tumbuhnya paham individualis, komersialis di kalangan masyarakat, sehingga muncul sifat individualistik yang acuh tak acuh dengan sesamanya, Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *