Babinsa Kodim 0101/BS Dampingi Petani Panen Padi Ditengah Pandemi Covid-19

Spread the love

Banda Aceh – Ditengah Pandemi Virus Covid-19, Kodim 0101/BS menggelar Panen Raya bersama para kelompok tani Kabupaten Aceh Besar di atas lahan 1.700 hektar dalam rangka meningkatkan Ketahanan Pangan di Wilayah Aceh Besar.

Untuk saat ini panen padi  dilaksanakan bersamaan Kelompok Tani Panton Raya yang diketuai Bapak Amiruddin Yasin di Desa Lamsujen Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Jum’at (11/12/2020).

Lahan seluas 1.700 hektar yang tersebar di Kabupaten Aceh Besar sudah banyak berhasil dengan adanya Panen Padi diberbagai kecamatan wilayah Aceh besar, itu semu berkat kerja sama antara Dinas pertanian dan perkebunan (Distanbun) Provinsi Aceh dengan Kodam Iskandar Muda dengan pelaksana kegiatan dilapangan dikerjakan oleh Kodim 0101/BS.

Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S. Sos., M.Si. Mengatakan bantuan pemerintah yang diawali dengan pengolahan lahan sawah, berupa bajak sawah, bibit padi serta pupuk secara gratis untuk masyarakat sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Ada tiga item bantuan yang diberikan pemerintah yaitu Bajak sawah, bibit padi, dan pupuk  secara gratis dengan total lahan sawah keseluruhan 1.700 hektar yang tersebar di wilayah Aceh Besar, ujarnya.

Dandim 0101/BS taklupa menyampaikan kepada masyarakat, ditengah Pandemi Covid-19 ini, kita tidak boleh terlena dengan kondisi saat ini.

Protokol Kesehatan (Prokes), selain dengan 3M:

-Menggunakan masker

– Mencuci tangan, dan

– Menjaga jarak, Dandim menambahkan istilah 3W:

– Wajib Iman (berdo’a dan beribadah).

– Wajib Aman (pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan).

– Wajib Imun (olahraga, konsumsi vitamin).

“Kegiatan Panen Raya ini merupakan wujud nyata untuk memberikan keyakinan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Besar bahwa kita siap memenuhi kebutuhan Pangan walau dihadapkan dengan Wabah Covid-19,” ujar Dandim.

Menurutnya,  Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu penyangga Pangan di daerah yang mempunyai lahan tanam padi masih cukup luas oleh sebab itu kita harus mendorong para petani kita untuk meningkatkan hasil guna mendukung ketahan pangan khususnya padi, agar kita tidak lagi mengimport beras dari luar.

“kita semua bisa menjadi pahlawan yaitu di bidang ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh warga ditengah tengah wabah Virus Covid-19 yang saat ini telah berkembang di mana mana. Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh siap mendukung cadangan pangan  serta Ketahanan Pangan Nasional,” tegas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *