Hadiri Maulid Babinsa Ikut Serta Berbaur Dengan Masyarakat

Spread the love

Aceh Besar – Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Umat Muslim di seluruh Nusantara merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan beragam acara dan penyebutan kelahiran Nabi. Di Aceh misalnya perayaan maulid disebut dengan khanduri molod.

Arti khanduri molod adalah melahirkan nilai positif, yaitu, ajang memperkuat silaturahim dan makan bersama dengan menu khas yang ada pada musim maulid.

Inti dari ihtifal maulid ini yaitu momen mengingat, mengatur kembali serta menata tentang kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Sehingga lebih mencintai dan meneladani Rasulullah,”

Dalam menjalin silaturahmi dan menjaga adat budaya tersebut Babinsa Koramil 06/Indrapuri Kodim 0101/BS Serda Muzafuddin menghadiri acara maulid/molod di Desa Lampanah Tunong Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, Kamis (13/12/2020).

“Dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut-turut yang disebut dengan bulan  maulod, yaitu pada bulan Rabiul Awal disebut Maulod Awai (Maulid Awal) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal. Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut. Selanjutnya, Kenduri Maulid pada bulan Jumadil Awal disebut Maulod Akhee (Maulid Akhir) yang dilaksanakan sepanjang bulan Jumadil Awal,” cetusnya. (br)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *