PENTINGNYA INFORMASI CUACA LAUT BAGI NELAYAN DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA

Spread the love

Banda Aceh – Babinsa Koramil 15/Meuraxa Sertu Samsul Bahri melaksanakan silaturahmi dengan para nelayan yang ada diwilayah Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Khususnya di Desa Alue Deah Tengoh Kota Banda Aceh.  Kamis (26/11/2020).

Babinsa menggatakan bahwa kegiatan silaturahmi ini rutin dilakukan untuk memperkokoh tali persaudaraan dengan para nelayan dan meningkatkan kemanunggalan TNI – Rakyat, sehingga terciptanya keharmonisan antara Babinsa Koramil 15/Merasxa  dengan nelayan.

Selain itu, Babinsa juga mengatakan  kepada para nelayan bahwa informasi cuaca laut sangat lah penting bagi para nelayan  guna memperlancar aktivitasnya.

“Melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) ini, kita kokohkan keharmonisan dengan masyarakat di wilayah Kecamatan Meuraxa khususnya para nelayan,” cetusnya.

Kegiatan di laut sangat dipengaruhi oleh cuaca, Oleh karena itu informasi meteorology sangat diperlukan, Informasi cuaca yang diperlukan bagi kegiatan nelayan Pencari ikan di laut dalam  pada dasarnya mempunyai tiga bagian kegiatan, yakni kegiatan pelayaran menuju lokasi penangkapan ikan, kegiatan di lokasi penagkapan, dan kegiatan kembali setelah kegiatan penangkapan.

Oleh karena itu para pencari ikan terlebih dahulu harus mengetahui lokasi yang berpotensi banyak ikan yang diinginkan, Untuk itu diperlukan informasi cuaca laut yang sesuai dengan yang diperlukan bagi kehidupan ikan yang dimaksud.

Babinsa juga  menyampaikan Kegiatan perikanan memperhatikan berbagai faktor utamanya faktor lingkungan,faktor meteorologi, dan faktor oseanografi. Faktor lingkungan meliputi sifat, sebaran, migrasi, kelompok jenis ikan, hasil penangkapan, pendinginan tempat, waktu pencarian, dan pembiakan telor dan larva. Faktor meteorologi meliputi suhu muka laut, landaian (horizontal, vertikal) suhu laut, dan lain-lain yang berkaitan dengan suhu dan salinitas air laut. Faktor oseanografi meliputi salinitas air laut, oksigen, warna air, arus laut, dan massa air laut.

“Selalu berhati-hari saat mencari ikan dilaut, mengingat cuaca tidak stabil dan gelombang laut masih besar, yang dapat membahayakan keselamatan para nelayan,” pungkasnya. (br)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *